Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Laut, Hutan dan Lainnya Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Laut, Hutan dan Lainnya

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Cara melestarikan sumber daya alam - Di dunia ini terdapat sumber - sumber yang bisa digunakan sebagai pertahanan hidup. Selain sebagai bertahan hidup terdapat juga bahan yang bisa digunakan sebagai bahan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial budaya dan lainnya. Bahan atau sumber tersebut adalah SDA atau disebut sebagai sumber daya alam. Sumber daya ini memang sangat bermanfaat bagi semua makhluk hidup.

Ini sangat bermanfaat, terutama pada makhluk hidup manusia yang pada dasarnya membutuhkan sumber untuk menghidupi dirinya. Dalam ekosistem, terdapat berbagai sumber daya alam yang mana SDA ini dibagi menjadi dua tipe. Tipe tersebut seperti sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Kedua tipe sumber daya ini sama - sama pentingnya bagi kehidupan.

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Laut, Hutan dan Lainnya


Salah satu tipe yang sangat berguna adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Dengan fakta tersebut, maka sumber daya jenis ini bisa dimanfaatkan secara terus menerus tanpa takut kehabisan. Berbeda halnya dengan yang satunya, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tidak bisa digunakan secara terus menerus. Sebab, bila dimanfaatkan dengan tidak baik maka persediaannya akan segera habis.

Baca juga : 10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya yang dapat diperbaharui memang tidak perlu dikhawatirkan ketersediaannya. Sebab akan terus ada sebab akan terus bertambah seiring waktunya. Walaupun begitu, sumber daya ini bisa saja mengalami kepunahan akibat penggunaan yang tidak baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah tindakan untuk melestarikan sumber daya alam tersebut. Berikut ini cara melestarikan sumber daya alam.

1. Cara Melestarikan Hutan

Hutan merupakan tempat hidup bagi banyak makhluk hidup terutama tumbuhan. Ada beragam jenis tumbuhan yang hidup dari tumbuhan berkayu, berduri dan lainnya. Hampir semua tumbuhan di hutan bisa dimanfaatkan. Namun, sering kali manusia memanfaatkan hal tersebut dengan tidak bijak alias membabi buta. Oleh karena itu, berikut cara melestarikan sumber daya alam hutan yang baik.

  • Melakukan tindakan tebang pilih, cara ini terbilang efektif dalam hal melestarikan keberadaan hutan. Dengan cara ini pula, maka hutan akan berganti dengan pohon - pohon muda atau bergenerasi dengan kembali.
  • Reboisasi, langkah selanjutnya adalah melakukan penanaman kembali atau reboisasi terhadap wilayah yang gundul. Menanam kembali dengan pohon mudah bisa mencegah terjadinya penggundulan hutan.
  • Tidak melakukan pembukaan lahan secara liar, pembukaan lahan yang digunakan untuk pertanian memang tidak sepatutnya dilakukan. Apalagi pada hutan lindung, atau pun semua hutan. Dengan hal ini bisa mencegah terjadi kerusakan yang lebih parah.

2. Cara Melestarikan Laut

Laut merupakan daerah yang digunakan sebagai tempat hidup pada makhluk air seperti penyu, ikan hiu, terumbu karang dan ikan lainnya. Untuk mendapatkan kehidupan yang layak, maka perlu dijaga kelestarian dan kebersihan laut. Sering kali, kegiatan manusia bisa menyebabkan laut menjadi kotor seperti membuang sampah di pantai, kegiatan industri dan lainnya. Tindakan yang tepat untuk melestarikannya sebagai berikut.

  • Tidak membuang sampah sembarangan, membuang sampah memang menjadi perkara yang sulit dipisahkan. Dampak yang diberikan dari perilaku tersebut sangat beragam dari mulai laut menjadi kotor, berbau dan lainnya. Jadi berhenti membuang sampah sembarangan.
  • Menggunakan jaring sesuai aturan, kali ini diperuntukkan untuk para nelayan yang pergi menangkap ikan. Pemerintah telah melarang penggunaan pukat harimau yang berukuran kecil sehingga bisa menangkap ikan - ikan kecil.

3. Cara Melestarikan Tanah

Dalam kehidupan, tanah memang tidak akan lepas dari segala aktivitas yang dilakukan semua makhluk hidup yang ada. Tanah memiliki peran penting yaitu memberikan kehidupan awal bagi tumbuhan seperti memberikan nutrisi, air dan lainnya. Aktivitas buruk manusia seiring waktu membuat kualitas tanah menjadi buruk. Pencemaran, tanah yang keras tanda - tanda tanah sudah tidak baik. Sehingga cara melestarikan sumber daya alam tanah yang benar sebagai berikut.

  • Tidak menimbun sampah plastik di tanah, penimbunan sampah plastik di tanah bukanlah solusi dalam hal mengurangi sampah. alahan, tindakan seperti ini hanya akan membuat tanah menjadi tercemar.
  • Manfaatkan pupuk organik bukannya pupuk kimia, penggunaan pupuk kimia bisa berdampak pada kualitas tanah. Pencemaran menjadi hal yang sering terjadi akibat penggunaan pupuk kimia. Jadi, gunakan saja pupuk organis ketika ingin menyuburkan tanaman.
  • Menanam pohon, mengisi tanah kosong dengan tanaman akan membuat tanah menjadi lebih baik. Sebab, tanah akan merengang akibat akar pohon yang menjalar kemana mana. Sehingga tanah akan menjadi lebih subur dar pada sebelumnya.

4. Melestarikan dengan Meminimalkan Penggunaan Barang

Banyak sekali masyarakat yang mulai meningkatkan sifat konsumtif sehingga mulai membeli berbagai barang keperluan. Perilaku seperti ini, hanya akan membuat sampah terus bertambah. Bagaimana tidak, barang yang sudah tidak terpakai akan langsung di buang. Perilaku tersebut hanya akan meningkatkan jumlah sampah yang ada. Jadi dalam hal ini perlu tindakan untuk meminimalkan penggunaan barang. Beli barang yang memang benar - benar dibutuhkan, sehingga tidak akan memperbanyak sampah yang ada.

5. Melestarikan dengan Menggunakan Kembali Barang

Kita mengenal semboyan reuse atau menggunakan kembali sebuah barang yang memang masih bisa digunakan. Langkah ini sangat baik, selain menjaga lingkungan tetap bersih bisa juga meminimalkan jumlah sampah yang ada. Sekarang ini masalah terbesar adalah keberadaan sampah yang terus meningkat terutama sampah plastik. Sampah plastik pada dasarnya sulit untuk terurai dan hasilnya akan mengendap di tanah tanpa mengalami proses penguraian.

6. Memanfaatkan Energi Sebaik Mungkin

Melestarikan sumber daya alam bisa dilakukan dengan menghemat energi yang sering kita pakai. Listrik adalah salah satu energi yang sering digunakan. Listrik bisa berasal dari batu bara, air dan lainnya. Memanfaatkan energi sebaik mungkin dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan seperti meminimalkan penambangan terhadap batu bara yang dapat merusak alam. Sehingga, cobalah untuk menghemat daya atau energi yang ada dengan sebaik mungkin.

7. Melakukan Daur Ulang

Selain membuang pada tempatnya, mengatasi keberadaan sampah bisa dilakukan dengan cara melakukan daur ulang. Daur ulang atau recycle sangat membantu mengurangi jumlah sampah di alam. Penerapan recycle bagus bila diterapkan pada sampah - sampah yang susah terurai seperti sampah plastik. Tindakan seperti ini selain mengurangi keberadaan sampah juga bisa mencegah terjadinya pencemaran entah itu air atau pun tanah. Sampah organik seperti kayu, daun dan lainnya juga bisa dilakukan tindakan daur ulang.

8. Melestarikan Hewan

Hewan merupakan makhluk hidup yang berguna banyak hal. Untuk manusia, hewan bisa digunakan sebagai sumber energi yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Hewan juga bisa membantu menyeimbangkan kondisi alam sehingga tidak mengalami benturan apapun. Oleh karenanya, perlu tindakan untuk melestarikan keberadaan dari hewan - hewan tersebut seperti tidak memburu hewan secara liar, memberikan kehidupan yang layak bagi hewan, tidak merusak lingkungan hewan dan lainnya.

Seperti itulah bagaimana cara melestarikan sumber daya alam yang baik dan benar. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan atau sumber daya tetap baik. Tindakan di atas, bisa diterapkan di semua sumber daya alam yang ada dari mulai yang dapat diperbaharui hingga yang tidak dapat diperbaharui. Pelestarian lingkungan dan sumber daya dapat membantu menyeimbangkan kehidupan dengan baik.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang ada. Sekianlah artikel mengenai cara melestarikan sumber daya alam laut, hutan dan lainnya. Semoga bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang tengah anda alami. Sekian dan terima kasih.

Popular posts from this blog

Perbedaan Keputihan saat Mau Haid dan Hamil Muda

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil -  Organ intim seseorang entah laki - laki atau perempuan bisa saja mengalami permasalahan. Kadang permasalahan yang di alami antara laki - laki dan perempuan berbeda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan bisa menyerang pada semua wanita, hal ini tidak mengenal usia. Apabila sudah mengalami haid maka bisa saja mengalami masalah ini. Namun, kadang saat hamil juga akan mengalami ini, jadi apa perbedaan keputihan mau haid dan hamil? Pada dasarnya, keputihan ini merupakan masalah yang umum terjadi pada wanita. Sebab, ini bisa terjadi ketika sesudah maupun sebelum haid atau pun hamil. Sebetulnya, kejadian ini proses alam tubuh akibat terjadinya perubahan hormon. Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil Hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan, namun entah itu terjadi karena apa. Bisa saja itu tanda apabila sudah atau sebelum mengalami menstruasi. Atau tidak bisa s

Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p

Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand terhadap Kulit

Efek samping masker tepung beras rose brand -  Penggunaan bahan - bahan alami dalam perawatan kecantikan memang banyak yang menggunakannya. Selain untuk menghindari kosmetik dari bahan kimia, perawatan dengan bahan alami cenderung lebih sehat. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan dalam proses perawatan yang sering kita lakukan. Dari menggunakan lidah buaya, lemon dan salah satunya adalah dengan tepung beras rose brand. Namun jangan salah, penggunaan bahan alami ada dampak buruk juga. Kali ini kita cuma akan membahas efek samping masker tepung beras rose brand bagi kulit . Walaupun banyak produk perawatan kulit yang tersebar di dunia ini, masih saja orang yang tetap menggunakan cara yang alami. Mereka melakukan ha; tersebut karena percaya bahwa manfaat yang di dapatkan sama dengan produk perawatan mahal lainnya. Dan untuk melakukan perawatan alami bisa menggunakan berbagai bahan dari buah hingga sayuran. Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Penggunaan bahan -