Struktur Teks Ceramah beserta Contoh Teks Ceramah Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Struktur Teks Ceramah beserta Contoh Teks Ceramah

Struktur Teks Ceramah

Struktur teks ceramah beserta contoh teks ceramah- Dalam tempat - tempat tertentu, kita bisa menemukan seseorang yang sedang melakukan ceramah. Kegiatan ceramah, banyak kita temukan ketika ada sebuah acara keagamaan seperti di masjid.

Penyampaian ceramah oleh seseorang bisa dilakukan secara improvisasi atau pun dengan teks. Apabila menggunakan teks, sebelumnya harus membuat teks dengan struktur teks ceramah yang sesuai. Lalu seperti apa struktur yang perlu diperhatikan dalam pembuatan teks ceramah.

Segala yang berkaitan dengan teks, pasti ada aturan yang mengait-nya sehingga pembuatan tidak dilakukan asal - asalan. Aturan yang yang termuat antara lain ciri - ciri, struktur, kaidah kebahasaan dan lainnya.

Struktur Teks Ceramah


Untuk teks ceramah, tentu juga aturan yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan teks tersebut. Salah satu aturan yang harus dipahami adalah struktur dari teks tersebut sehingga pola ceramah bisa sesuai dan tidak berantakan.

Pada teks - teks lain, struktur teks berguna untuk mempermudah kita sebagai penulis menyusun rangka teks yang dibutuhkan. Untuk teks ceramah, struktur yang dimiliki ada beberapa bagian penting, langsung aja berikut struktur teks ceramah.

#Pendahuluan

Di sini, pembicara hanya menyampaikan salam kepada pendengar dan belum menyinggung isi ceramah. Namun lambat laun, penceramah akan sedikit demi sedikit mengarahkan pada topik ceramah. Ada beberapa bagian di pendahuluan berikut isinya.
  • Pembukaan : Pada bagian ini pembicara akan menyampaikan salam pembuka, mengucapkan rasa penghormatan, serta rasa syukur
  • Pengantar : Untuk bagian ini, pembicara akan memberikan sebuah pengantar berupa cerita atau berita yang akan berkaitan dengan topik ceramah nantinya.
#Isi ceramah

Bagian ini, penceramah sudah mulai memasuki penyampaian isi dari apa yang ingin disampaikan. Nantinya, pembicara akan menjelaskan secara panjang lembar sehingga pembaca memahami apa yang tengah disampaikan. Isi ceramah juga terdapat beberapa bagian yaitu.
  • Inti : Bagian ini akan mengulas paparan penceramah, serta memberikan pandangan umum dan ilustrasi atau contoh terhadap materi yang diberikan.
  • Gagasan : Berisi mengenai topik umum atau ide besar dari penceramah terhadap materi yang disampaikan. Umumnya, gagasan yang dimiliki hanya satu dan dibagi menjadi sub-topik.
#Penutup

Sekarang, penceramah sudah memasuki sesi terakhir dimana pembicara hanya tinggal menutup ceramah. Sebelum menutup, biasanya akan diberikan sebuah hasil atau rangkuman dari ceramah yang dilakukan. Oleh karena itu ada beberapa bagian pada penutup seperti.
  • Kesimpulan : Bagian ini, penyampai akan memberikan kesimpulan dari isi ceramah dengan beberapa kalimat saja.
  • Ucapan permintaan maaf : Pembicara meminta maaf apabila dalam penyampaian-nya ada salah kata terhadap pendengar.
  • Salam penutup : Terakhir, untuk menyudahi ceramah pembicara menutup dengan salam penutup

Nah, di atas merupakan struktur teks ceramah yang sangat perlu kita ketahui sebelum membuat teks ceramah. Dengan begitu, kita tidak akan kesulitan bagaimana urutan dari proses pembuatan teks ceramah itu sendiri.

Contoh Struktur Teks Ceramah


Setelah anda mengetahui penjelasan di atas, sering kali kita masih bingung untuk memulai membuat teks ceramah. Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit contoh dari struktur teks ceramah itu sendiri. Berikut ini contoh yang wajib anda ketahui.

#Pendahuluan
  • Pembukaan
Assalamualaikum Wr. Wb

Salam sejahtera buat kita semua

Terima kasih kepada takmir masjid al ikhlas yang telah mengundang saya untuk melakukan ceramah pada hari ini. Serta, bapak ibu dan saudara yang telah hadir ini saya ucapakan banyak terima kasih.

Tak lupa, saya bersyukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan segala nikmat sehingga kita bisa hadir di acara ini. Sholawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW.
  • Pengantar
Pada jaman sekarang, anak - anak mudah seperti sudah kehilangan sopan santun. Banyak kasus pembunuhan yang dilakukan oleh anak terhadap orang tuanya. Fakta tersebut tentu membuat hati kita miris untuk melihatnya.

Apa mungkin, pendidikan moral kepada anak - anak salah dari orang tua atau memang anak tersebut sudah tidak sehat. Jadi, apa yang perlu kita lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

#Isi Ceramah
  • Inti
Menurut saya, dalam permasalahan kurang adanya sopan santun di kalangan pemuda zaman sekarang adalah semua kalangan. Bagaimana ini terjadi, sebab faktor lingkungan dan pembelajaran yang salah membuat hidup menjadi terpengaruh.

Jadi, apabila seorang anak hidup dilingkungan yang cukup keras serta didikan orang tua yang sangat ketat. Pada akhirnya akan membuat anak menjadi kurang beraktivitas serta menghilangkan rasa sopan santun.
  • Gagasan
Karena fakta tersebut banyak terjadi di dalam masyarakat Indonesia, maka harus ada tindakan untuk mengatasinya. Solusinya, bisa dimulai dalam ruang lingkup keluarga yang bisa dimulai dari nol alias masih kecil.

Memang akan sulit, namun kita bisa diberikan perintah atau pembelajaran yang baik kepada si anak sejak dini. Dengan begitu anak akan sedikit demi sedikit memahami pergaulan yang baik dan yang jelek seperti apa.

1. Buat anak

Pilih pergaulan yang baik buat diri kita sendiri sehingga tidak terjerumus ke hal - hal yang negatif. Walaupun, tidak sedikit dari mereka ikut pergaulan tidak baik tapi tidak terpengaruh pada ahklak mereka.

Jadi, sih kita sebagai anak yang masih sama orang tua sebaiknya menampilkan sopan santun yang baik. Tak hanya kepada orang tua sendiri tapi juga kepada semua orang entah yang lebih tua atau muda.

2. Untuk orang tua

Berikan pelajaran kehidupan sosial yang lebih baik sehingga membangun kemandirian dan kepribadian mereka. Berikan perintah dengan baik dan contoh-kan cara berperilaku yang baik kepada semua orang.

Apabila ini kita lakukan terus menerus sejak kecil, kemungkinan besar anak ketika sudah dewasa mengingatnya dengan baik. Jadi, jangan jemu - jemu untuk memberikan segala hal yang baik selagi si anak masih kecil.

#Penutup
  • Kesimpulan
Dalam penjelasan saya sebelumnya, dapat kita tarik kesimpulan bahwa dalam menyelesaikan masalah ini terdapat pada anak dan orang tua. Perubahan perilaku dalam lingkungan keluarga yang baik akan memberikan dampak yang cukup baik.

Pembelajaran dalam keluarga akan lebih efektif, sebab telah dilakukan sejak masih kecil sehingga lebih mudah untuk mendidik-nya. Namun, tetap berikan pembelajaran kepada anak hingga telah dewasa.
  • Ucapan minta maaf
Mungkin itu saja pesan yang bisa saya berikan kepada saudara - saudara semua. Sebelum mengakhiri acara ini, tidak lupa saya meminta maaf kepada saudara semua. Apabila ada salah kata atau ada kata yang menyinggung anda semua.

Cukup sekian, semoga pembahasan di atas bisa menjadi pelajaran yang berharga. Mengingat perilaku pada zaman sekarang sudah semakin rusak dan memburuk. Maka, selamatkan keluarga terutama aset berharga anda yaitu anak.
  • Salam penutup
Sekian Wassalamualaikum Wr. Wb

Nah itu lah penjelasan mengenai struktur teks ceramah beserta contoh sesuai dengan struktur teks. Ada banyak yang perlu anda pahami, oleh karena itu pelan - pelan saja membacanya. Sekian dari kami semoga bermanfaat terima kasih.

    Popular posts from this blog

    Perbedaan Keputihan saat Mau Haid dan Hamil Muda

    Perbedaan keputihan mau haid dan hamil -  Organ intim seseorang entah laki - laki atau perempuan bisa saja mengalami permasalahan. Kadang permasalahan yang di alami antara laki - laki dan perempuan berbeda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan bisa menyerang pada semua wanita, hal ini tidak mengenal usia. Apabila sudah mengalami haid maka bisa saja mengalami masalah ini. Namun, kadang saat hamil juga akan mengalami ini, jadi apa perbedaan keputihan mau haid dan hamil? Pada dasarnya, keputihan ini merupakan masalah yang umum terjadi pada wanita. Sebab, ini bisa terjadi ketika sesudah maupun sebelum haid atau pun hamil. Sebetulnya, kejadian ini proses alam tubuh akibat terjadinya perubahan hormon. Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil Hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan, namun entah itu terjadi karena apa. Bisa saja itu tanda apabila sudah atau sebelum mengalami menstruasi. Atau tidak bisa s

    Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

    Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p

    Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand terhadap Kulit

    Efek samping masker tepung beras rose brand -  Penggunaan bahan - bahan alami dalam perawatan kecantikan memang banyak yang menggunakannya. Selain untuk menghindari kosmetik dari bahan kimia, perawatan dengan bahan alami cenderung lebih sehat. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan dalam proses perawatan yang sering kita lakukan. Dari menggunakan lidah buaya, lemon dan salah satunya adalah dengan tepung beras rose brand. Namun jangan salah, penggunaan bahan alami ada dampak buruk juga. Kali ini kita cuma akan membahas efek samping masker tepung beras rose brand bagi kulit . Walaupun banyak produk perawatan kulit yang tersebar di dunia ini, masih saja orang yang tetap menggunakan cara yang alami. Mereka melakukan ha; tersebut karena percaya bahwa manfaat yang di dapatkan sama dengan produk perawatan mahal lainnya. Dan untuk melakukan perawatan alami bisa menggunakan berbagai bahan dari buah hingga sayuran. Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Penggunaan bahan -