Penyebab Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Penyebab Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia

Penyebab Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia

Penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia - Tubuh manusia mengalir darah yang begitu banyak. Mengalir-nya darah, akibat dari proses memompa pada jantung sehingga darah mengalir ke seluruh tubuh dari mulai kepala hingga kaki.

Tak hanya mengalir begitu saja, darah juga memiliki berbagai macam fungsi, Mengikat oksigen, menyalurkan nutrisi dan lainnya. Peredaran darah terdiri atas beberapa organ, dan kali ini kita akan membahas mengenai gangguan pada organ peredaran darah manusia.

Karena fungsi dari darah yang cukup vital, maka kita perlu menaga kesehatan dari organ - organ yang berfungsi mengedarkan darah. Apabila tidak, maka bisa - bisa ada gangguan yang menyerang pada beberapa organ yang ada pada kasus ini yaitu organ pernafasan. Dan masalah - masalah tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai hal dari mulai kebiasaan dan lainnya.


Penyebab Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia


Organ peredaran darah yang paling penting fungsinya adalah jantung yang berguna untuk memompa darah. Dalam memompa darah, jantung tidak hanya berperan dalam memompa masuk melainkan juga memompa keluar. Hal ini berguna untuk menggantikan dari darah penuh karbon dioksida menjadi oksigen.

Namun sayangnya, organ manusia tidak bisa lepas dari sebuah gangguan dari mulai yang kecil hingga yang berisiko. Gangguan - gangguan itu datang bisa disebabkan oleh banyak faktor dari mulai internal hingga kebiasaan kita sendiri. Langsung saja, pembahasan mengenai penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia.

1. Penyumbatan pembuluh darah

Darah mengalir bisa dengan baik apabila saluran dalam peredaran darah bersih tapa ada halangan. Gangguan dalam sistem peredaran akan mulai ada ketika saluran terdapat benda atau halangan seperti lemak. Apabila sudah begini, maka proses penyaluran darah akan terganggu sebab penyempitan pada saluran.

Penyumbatan bisa terjadi pada semua pembuluh darah, termasuk pada bagian dalam jantung yang berfungsi untuk memompa darah. Penyempitan saluran bisa menimbulkan penyakit yang cukup berbahaya, Penumpukan lemak pada saluran peredaran darah bisa ada karena konsumsi makanan yang memang mengandung banyak lemak terutama lemak jahat.

2. Kekurangan hemoglobin dan zat besi

Darah berfungsi untuk menyebarkan oksigen dalam tubuh dengan cara mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, tubuh tidak boleh sampai kekurangan yang kuncinya berada pada zat besi dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan zat besi, bisa - bisa ketersediaan darah dalam tubuh bisa berkurang.

Sedangkan hemoglobin erat hubungannya dengan oksigen, yaitu berfungsi mengikat oksigen dari luar. Jumlah hemoglobin tentu juga turut harus diperhatikan, jika tidak bisa menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Dan pada akhirnya seseorang akan memiliki warna kulit yang pucat dan bisa pingsan secara mendadak.

3. Terlalu lama berdiri

Banyak kegiatan yang memaksa seseorang untuk melakukan kegiatan berdiri sepanjang hari. Berdiri yang terlalu lama akan menimbulkan gangguan pada peredaran darah terutama pada jantung. Hal ini terjadi karena gravitasi dimana aliran darah balik dari kaki menuu jantung. Gangguan yang bisa timbul dari kegiatan ini secara terus menerus adalah serangan jantung.

4. Konsumsi makanan yang salah

Asupan makanan yang sering kita makan setiap hari, bisa menjadi penyebab dari munculnya gangguan pada peredaran darah. Makan - makanan berlemak bisa membuat seseorang mengalami penyempitan saluran darah. Hasilnya penyakit kronis bisa muncul begitu saja salah satunya serangan jantung yang mendadak. Selain penyempitan, makan makanan yang salah bisa membuat tekanan darah berubah tidak stabil.

5. Faktor bertambahnya usia

Tak dapat dipungkiri semakin tua usia seseorang maka daya tahan tubuh serta performa yang dimiliki juga akan menurun. Pada orang yang sudah lanjut usia, biasanya jantung mereka sudah mulai melemah. Dari segi memompa darah, antung mereka cenderung menurun dibanding ketika masih mudah. Tentunya ini berdampak pada asupan oksigen dalam darah yang harus disebarkan pada seluruh tubuh.

6. Kelainan dalam tubuh

Sebuah permasalahan dalam tubuh sering datang begitu saja dan menimbulkan masalah yang cukup berbahaya. Kelainan pada salah satu organ atau komponen dalam tubuh bisa mempengaruhi kinerja dari tubuh kita. Kelainan bisa berupa pada kromoson, organ antung dan lainnya. Hal ini tentu bisa berdampak pada sistem peredaran darah pada seseorang terutama pada penderita kelainan.

Baca juga : Obat untuk Mengeluarkan Dahak yang Membandel di Tenggorokan

7. Penyakit

Beberapa penyakit pada manusia bisa mempengaruhi dari sistem peredaran darah. Kebanyakan akan memperburuk sistem, sehingga kinerja dan kondisi saluran peredaran darah tidak baik. Penyakit pada sistem pernafasan tentu bisa saja menjalar pada sistem darah, hal ini berhubungan dengan keberadaan oksigen di dalam darah. Kadang kala, penyakit yang sedang di alami akan mempengaruhi langsung terhadap sistem peredaran darah.


Kekurangan zat besi menyebabkan penyakit apa?


Masih berhubungan sistem pada peredaran darah, kita mengenal zat besi sebagai zat yang erat hubungannya dengan darah. Dalam tubuh manusia terdapat dan membutuhkan zat besi dari asupan makanan yang kita lakukan. Zat besi ini terbilang sangat penting bagi tubuh, sebab fungsinya yang sangat vital bagi keberadaan darah dalam tubuh.

Lalu, apa jadinya apabila tubuh kekurangan zat besi? penyakit apa yang timbul ketika tubuh kekurangan zat ini?. Pertanyaan ini tentu pasti ada di benak kita apalagi ketika baru pertama kali mendengar-nya. Sebetulnya, fungsi dar zat besi adalah menjaga ketersediaan dari darah sehingga jumlahnya tetap terjaga dengan baik.

Yang akan terjadi bila tubuh kekurangan zat besi adalah ketersediaan darah dalam tubuh juga akan berkurang. Hal ini sesuai dengan fungsi zat besi yaitu menjaga ketersediaan darah dalam tubuh. Dampaknya, penyakit anemia alias kekurangan darah akan menghantui tubuh kita.

Seseorang yang sudah mengalami anemia pada tubuhnya, tentu akan mempengaruhi performa tubuh mereka sendiri. Sering lupa, mengantuk, wajah pucat, lemas dan lainnya adalah dampak dari kekurangan darah. Jika ini sudah terjadi, seseorang perlu mengkonsumsi bayam cukup banyak untuk mengembalikan zat besi yang ada.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia. Ada banyak sekali sebab yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan dari sistem peredaran darah pada tubuh kita. Dengan mengetahui penyebab di atas, kita bisa mencegah dan menghindari masalah pada topik kali ini. Sekian ulasan kali ini, semoga bisa bermanfaat buat kita semua.

Popular posts from this blog

Perbedaan Keputihan saat Mau Haid dan Hamil Muda

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil -  Organ intim seseorang entah laki - laki atau perempuan bisa saja mengalami permasalahan. Kadang permasalahan yang di alami antara laki - laki dan perempuan berbeda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan bisa menyerang pada semua wanita, hal ini tidak mengenal usia. Apabila sudah mengalami haid maka bisa saja mengalami masalah ini. Namun, kadang saat hamil juga akan mengalami ini, jadi apa perbedaan keputihan mau haid dan hamil? Pada dasarnya, keputihan ini merupakan masalah yang umum terjadi pada wanita. Sebab, ini bisa terjadi ketika sesudah maupun sebelum haid atau pun hamil. Sebetulnya, kejadian ini proses alam tubuh akibat terjadinya perubahan hormon. Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil Hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan, namun entah itu terjadi karena apa. Bisa saja itu tanda apabila sudah atau sebelum mengalami menstruasi. Atau tidak bisa s

Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p

Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand terhadap Kulit

Efek samping masker tepung beras rose brand -  Penggunaan bahan - bahan alami dalam perawatan kecantikan memang banyak yang menggunakannya. Selain untuk menghindari kosmetik dari bahan kimia, perawatan dengan bahan alami cenderung lebih sehat. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan dalam proses perawatan yang sering kita lakukan. Dari menggunakan lidah buaya, lemon dan salah satunya adalah dengan tepung beras rose brand. Namun jangan salah, penggunaan bahan alami ada dampak buruk juga. Kali ini kita cuma akan membahas efek samping masker tepung beras rose brand bagi kulit . Walaupun banyak produk perawatan kulit yang tersebar di dunia ini, masih saja orang yang tetap menggunakan cara yang alami. Mereka melakukan ha; tersebut karena percaya bahwa manfaat yang di dapatkan sama dengan produk perawatan mahal lainnya. Dan untuk melakukan perawatan alami bisa menggunakan berbagai bahan dari buah hingga sayuran. Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Penggunaan bahan -