Cara Menanggulangi Pencemaran Tanah Akibat Plastik dan Bahan Kimia Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Cara Menanggulangi Pencemaran Tanah Akibat Plastik dan Bahan Kimia

Cara Menanggulangi Pencemaran Tanah

Cara menanggulangi pencemaran tanah - Pencemaran menjadi satu masalah yang sering terjadi di dunia ini. Manusia tidak ada henti - hentinya memproduksi berbagai sampah yang pada akhirnya membuat lingkungan hidup menjadi kotor. Namanya juga pencemaran, maka dampak yang diberikan tentunya sangat buruk, bahkan bisa menimbulkan kerusakan yang cukup parah. Pada umumnya pencemaran terbagi menjadi beberapa bagian yaitu udara, air, tanah dan lainnya.

Salah satu bentuk pencemaran adalah terjadi pada bidang tanah. Dalam hal ini, tanah ditempati oleh berbagai bahan yang tidak semestinya seperti sampah, zat kimia dan lainnya. Bahan dan zat ini, pada akhirnya membuat kondisi tanah menjadi berubah, perubahan ini berujung pada kualitas tanah yang buruk. Ada banyak dampak berbahaya yang ditimbulkan dari pencemaran tanah. Biasanya tanah akan mengalami pengerasan, tidak subur hal ini diakibatkan karena pencemaran.


Cara Menanggulangi Pencemaran Tanah Akibat Plastik dan Bahan Kimia


Pencemaran tanah terjadi bukan secara tiba - tiba dan tanpa sebab yang mempengaruhi hal ini terjadi. Ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan masalah ini timbul di alam dan lingkungan sekitar. Dari beberapa faktor, perilaku tidak bertanggung jawab lah yang sering menyebabkan masalah ini terjadi. Ada banyak sekali kegiatan manusia yang menghasilkan sampah seperti zat kimia, plastik, besi dan lainnya. Pada akhirnya, semua sampah ini tertimbun di tanah dan mengalami pencemaran.

Bila hal ini secara terus menerus terjadi dan pencemaran tersebut meningkat maka kemungkinan besar tanah tersebut tidak baik lagi untuk ditempati. Oleh karena itu, diperlukan sebuah tindakan cara menanggulangi pencemaran tanah supaya masalah yang ada bisa berkurang. Dalam mengatasi masalah tersebut, banyak kegiatan yang mampu menekan masalah pencemaran ini. Berikut ini beberapa cara menanggulangi pencemaran tanah yang bisa anda lakukan.

1. Bioremediasi

Cara pertama, dengan memanfaatkan mikroorganisme yang ada untuk mengurangi pencemaran yang terjadi pada tanah. Pada dasarnya penggunaan mikroorganisme ini adalah untuk mengurangi jumlah polutan dan kontaminan yang ada pada tanah. Dengan begitu, tanah bisa sedikit berkurang dari pencemaran dan membuatnya menjadi subur kembali. Dalam teknik ini, mikroorganisme yang sering dipakai diantaranya seperti jamur, bakteri dan lainnya.

Proses pengurangan kontaminan adalah mikroorganisme akan memecah dan mendegenerasi bahan dan zat pencemar pada tanah. Selanjutnya, kotaminan akan diubah menjadi zat yang tidak berbahaya seperti menjadi air dan CO₂ (karbon dioksida). Namun, sebelum melakukan cara ini, diperlukan pemeriksaan terhadap faktor lainnya. Faktor tersebut diantaranya, suhu dalam tanah, jumlah air yang tersedia, kecukupan nutrien dan oksigen yang cukup.

2. Menerapkan 3R (Reduce, Recycle, dan Reuse)

Ada banyak cara untuk mengurangi pencemaran pada tanah, salah satunya adalah dengan menerapkan 3R. 3R sendiri merupakan sebuah pedoman di mana ini memiliki arti reuse, recycle dan reduce. Reuse merupakan arti dari menggunakan kembali barang - barang yang masih layak dipakai. Dengan cara pertama ini, diharapkan jumlah sampah tidak terus menerus bertambah dan tidak menimbun tanah. Cara ini baik dipakai terhadap barang yang sulit terurai seperti plastik.

Baca juga : Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Selanjutnya recycle yang memiliki arti mendaur ulang. Dari sini tentunya sudah cukup familiar dengan cara ini. Mengubah sampah menjadi barang - barang bermanfaat lainnya merupakan pedoman dari cara yang satu ini. Sedangkan reduce adalah mengurangi pemakaian barang. Pakailah peralatan dan barang yang memang benar - benar diperlukan dan tidak membeli barang yang hanya digunakan sementara waktu. Dengan begini, anda bisa menekan penambahan sampah secara signifikan.

3. Remediasi Ex Situ

Cara berikutnya adalah melalui proses yang bernama remediasi ex situ. Dalam proses cara ini, diperlukan penggalian terhadap tanah dan dibawa ke sebuah tempat untuk diproses. Ditempat tersebut, akan terjadi pemisahan antara tanah dengan bahan kontaminan yang ada. Untuk melakukan cara tersebut, kita bisa memanfaatkan mikroba dan bahan alam lainnya seperti suhu panas matahari. Melakukan cara ini terbilang cukup rumit sekaligus membutuhkan biaya yang cukup mahal.

4. Remediasi In Situ

Selain menggunakan cara ex situ, ada pula cara in situ. Untuk cara yang satu ini tidak diperlukan pemindahan terlebih dahulu terhadap tanah. Sehingga tanah diproses di lokasi tersebut dengan berbagai cara dari mulai biologi hingga kimia. Prinsip dasarnya adalah memisahkan daerah kontaminan dari daerah yang tidak mengalami pencemaran. Dengan begitu, tanah lainnya tidak mengalami hal yang sama (tercemar). Berbeda dengan satunya, cara ini tergolong sangat mudah dan murah.

5. Pencucian Tanah

Dalam cara berikutnya, prinsip yang digunakan layaknya mencuci pakaian yang kotor. Jadi, tanah akan dicuci dengan menggunakan air bersih secara terus menerus. Hasilnya, zat dan bahan berbahaya akan larut dan hilang dari tanah. Melakukan pencucian tanah, tidak memerlukan tindakan tambahan seperti menggali tanah atau hal lainnya. Yang dibutuhkan dalam hal ini adalah jumlah air yang cukup besar, supaya tanah yang tercemar dapat bebas dari zat berbahaya.

Nah, itulah beberapa cara menanggulangi pencemaran tanah yang bisa dilakukan supaya pencemaran yang ada dapat berkurang. Dalam hal ini, masalah yang ditimbulkan hampir sepenuhnya disebabkan oleh perilaku manusia. Perilaku yang buruk dan tidak bertanggung jawab menjadi masalah utamanya. Membuang limbah dan polutan secara sembarangan sering kali membuat tanah menjadi tercemar.

Memang pada awalnya, tanah tidak akan langsung tercemar akibat sampah - sampah yang ada. Namun, biasanya dampak yang ditimbulkan akan muncul setelah beberapa waktu. Banyak masalah yang bisa ditimbulkan dari pencemaran tanah ini seperti tanah menjadi tidak subur, tanah bertekstur keras dan lainnya. Sekianlah artikel mengenai cara menanggulangi pencemaran tanah. Semoga bisa bermanfaat dan menyelesaikan permasalahan anda.

Popular posts from this blog

Perbedaan Keputihan saat Mau Haid dan Hamil Muda

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil -  Organ intim seseorang entah laki - laki atau perempuan bisa saja mengalami permasalahan. Kadang permasalahan yang di alami antara laki - laki dan perempuan berbeda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan bisa menyerang pada semua wanita, hal ini tidak mengenal usia. Apabila sudah mengalami haid maka bisa saja mengalami masalah ini. Namun, kadang saat hamil juga akan mengalami ini, jadi apa perbedaan keputihan mau haid dan hamil? Pada dasarnya, keputihan ini merupakan masalah yang umum terjadi pada wanita. Sebab, ini bisa terjadi ketika sesudah maupun sebelum haid atau pun hamil. Sebetulnya, kejadian ini proses alam tubuh akibat terjadinya perubahan hormon. Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil Hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan, namun entah itu terjadi karena apa. Bisa saja itu tanda apabila sudah atau sebelum mengalami menstruasi. Atau tidak bisa s

Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p

Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand terhadap Kulit

Efek samping masker tepung beras rose brand -  Penggunaan bahan - bahan alami dalam perawatan kecantikan memang banyak yang menggunakannya. Selain untuk menghindari kosmetik dari bahan kimia, perawatan dengan bahan alami cenderung lebih sehat. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan dalam proses perawatan yang sering kita lakukan. Dari menggunakan lidah buaya, lemon dan salah satunya adalah dengan tepung beras rose brand. Namun jangan salah, penggunaan bahan alami ada dampak buruk juga. Kali ini kita cuma akan membahas efek samping masker tepung beras rose brand bagi kulit . Walaupun banyak produk perawatan kulit yang tersebar di dunia ini, masih saja orang yang tetap menggunakan cara yang alami. Mereka melakukan ha; tersebut karena percaya bahwa manfaat yang di dapatkan sama dengan produk perawatan mahal lainnya. Dan untuk melakukan perawatan alami bisa menggunakan berbagai bahan dari buah hingga sayuran. Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Penggunaan bahan -