Faktor Penyebab Pencemaran Tanah dan Penjelasannya Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Faktor Penyebab Pencemaran Tanah dan Penjelasannya

Faktor Penyebab Pencemaran Tanah

Faktor penyebab pencemaran tanah - Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat. Bahkan, tanah ini menjadi media tempat berbagai makhluk hidup tumbuh dan berkembang biak. Oleh karena itu, perlu ada tindakan untuk menjaga kelestarian dari tanah tersebut. Apabila tidak, maka tanah bisa saja mengalami kerusakan yang berupa pencemaran tanah. Pencemaran ini disebabkan oleh banyaknya polutan yang bisa merusak tanah dan memperburuk kondisi.

Pencemaran merupakan sebuah kondisi lingkungan alam yang mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh adanya polutan di dalamnya. Nah, untuk tanah, biasanya disebabkan oleh sampah - sampah anorganik yang memang secara sengaja dibuang ke tanah. Alhasil zat - zat kimia yang ada atau berasal dari sampah tersebut terurai dan masuk ke dalam tanah. Dengan adanya fakta tersebut, tentunya kondisi tanah tersebut akan berbahaya untuk kelangsungan makhluk hidup terutama tumbuhan.


Faktor Penyebab Pencemaran Tanah dan Dampaknya


Datangnya sebuah masalah pencemaran bukannya tanpa sendirinya. Melainkan disebabkan oleh perilaku - perilaku tidak bertanggung jawab yang sering dilakukan oleh manusia. Pada dasarnya, pencemaran yang terjadi bisa dibagi menjadi 2 oleh manusia atau alam itu sendiri. Namun, kebanyakan masalah pencemaran dilakukan oleh manusia yang mana perilaku merekalah menjadi faktor utamanya. Kesadaran akan kelestarian dari masyarakat dunia terbilang masih kurang.

Baca juga : Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Perilaku membuat berbagai limbah secara sembarangan juga memperparah keadaan lingkungan sekitar. Biasanya, bila sudah mengalami kondisi seperti ini tanah tersebut sudah tidak baik untuk digunakan. Entah itu diambil airnya atau pun untuk bertani tanaman. Lalu, apa saja faktor penyebab pencemaran tanah ini terjadi? Berikut ini kita akan coba memahami beberapa penyebab timbulnya masalah seperti ini dilingkungan hidup.

1. Limbah Cair

Dalam hal ini, faktor penyebab pencemaran tanah yang sering terjadi adalah karena limbah cair. Limbah cair yang mengandung zat - zat berbahaya akan sangat mudah terserap di dalam tanah dan membuat tanah tersebut tercemar. Limbah cair ini bisa bersumber dari berbagai tempat seperti industri, rumah tangga atau laboratorium sekalipun. Limbah cair bisa dicontohkan seperti air bekas cucian, limbah hasil produksi suatu produk, limbah kimia hasil lab dan lainnya. Limbah cair ini tergolong sangat mudah merusak struktur yang ada di dalam tanah.

2. Limbah Anorganik

Limbah yang satu ini atau limbah anorganik menjadi faktor penyebab pencemaran tanah paling utama. Limbah anorganik banyak dijumpai di sekeliling kita seperti botol plastik, kaleng bekas, komponen elektronik dan lainnya. Limbah anorganik sendiri merupakan limbah yang sulit atau lama dalam proses penguraian oleh mikroorganisme. Sampah - sampah ini akan mengendap dan begini untuk waktu yang cukup lama. Dengan begini banyak sekali mikroorganisme yang mati akibat ini semua. Pada umumnya limbah anorganik berbentuk padat.

3. Limbah Pertanian

Kita semua tahu kalau, pemakaian pestisida untuk memberantas serangga bisa mempengaruhi kualitas dari tanah dan tanaman. Dari segi tanah, pestisida bisa membuat tanah menjadi keras dan senyawa baik di dalamnya juga bisa mati dan berkurang. Selain pestisida, penggunaan pupuk juga bisa mencemari tanah. Hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya. Bahan - bahan kimia yang terkandung bisa merusak kualitas dari tanah itu sendiri. Dampak yang sering terjadi adalah tanah menjadi tidak subur dan membuat tanaman tidak tumbuh dengan baik.

4. Limbah Padat

Sebelumnya kalau faktor penyebab pencemaran tanah bisa berasal dari limbah cair. Selanjutnya datang dari limbah padat yang juga cukup berpengaruh dalam masalah ini. Limbah padat bisa berupa plastik, komponen elektronik, dan lainnya. Limbah - limbah padat seperti itu, diantaranya ada yang sulit untuk terurai. Hasilnya tentu saja bisa memperburuk dari kualitas si tanah. Tanah, tidak bisa menyerap senyawa baik yang ada karena terhalang oleh limbah. Tumbuhan akan sulit menerima asupan makanan, dan membuat tumbuhan sulit untuk berkembang.

5. Limbah dari Industri

faktor penyebab pencemaran tanah yang satu memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab, limbah industri merupakan salah satu penyumbang kerusakan paling besar. Limbah yang dihasilkan tidak hanya sedikit melainkan dengan jumlah yang begitu banyak. Hal ini tentu saja berkaitan dengan aktivitas produksi yang dilakukan. Pada umumnya, limbah yang dihasilkan terkandung bahan dan zat kimia yang cukup berbahaya. Tanah  yang sebelumnya berwarna coklat dan tidak berbau, bila sudah tercemar hal itu akan berubah. Bau menyengat dan warna tanah yang tidak baik akan terlihat.

6. Limbah berasal Rumah Tangga

Limbah - limbah penyebab pencemaran tanah tidak hanya datang dari industri atau pertanian saja. Beberapa limbah bisa berasal dari hasil aktivitas rumah tangga dan memang memiliki jumlah yang cukup banyak. Limbah ini bisa seperti air hasil cucian (detergen), sampah kertas, kain dan lainnya. Limbah - limbah ini akan berubah menjadi racun bila sudah berada di dalam tanah. Hasilnya banyak sekali mikroba yang akan mati akibat kelaparan. Bila sudah begini, maka tanah akan dalam kondisi buruk dan tidak cocok untuk hidup tanaman atau makhluk lainnya.

7. Hasil dari Pertambangan

Pertambangan memang banyak menghasilkan limbah - limbah yang cukup berbahaya bagi ekosistem. Tak jarang, pertambangan menggunakan bahan kimia untuk menunjang aktivitas yang dilakukan. Bahan kimia inilah yang mampu merusak tanah dan mengakibatkan kerusakan pada struktur yang ada. Mikroba yang hidup di dalam tanah bisa mati akibat bahan kimia yang dipergunakan. Selain bahan kimia, sisa - sisa hasil pertambangan juga turut menyumbang pencemaran tanah yang ada. Bila ini terus menerus terjadi, maka tumbuhan tidak akan berkembang dengan baik.

Itulah beberapa faktor penyebab pencemaran tanah yang pada umumnya terjadi. Dari semua penyebab di atas, perilaku manusialah yang menentukan ini semua. Bila manusia memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dengan baik, maka tingkat pencemaran pada suatu ekosistem akan kecil. Pencemaran bila sudah terjadi, maka diperlukan sebuah tindakan untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini supaya tidak berdampak lebih buruk bagi ekosistem yang ada.

Cukup banyak memang faktor penyebab pencemaran tanah yang sering terjadi. Memang dari segi limbah, industrilah yang menjadi penyumbang paling banyak. Selain itu, penggunaan bahan dan zat kimia menjadi perusak ekosistem paling berpengaruh. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan mengenai pencemaran tanah, semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Popular posts from this blog

Perbedaan Keputihan saat Mau Haid dan Hamil Muda

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil -  Organ intim seseorang entah laki - laki atau perempuan bisa saja mengalami permasalahan. Kadang permasalahan yang di alami antara laki - laki dan perempuan berbeda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan bisa menyerang pada semua wanita, hal ini tidak mengenal usia. Apabila sudah mengalami haid maka bisa saja mengalami masalah ini. Namun, kadang saat hamil juga akan mengalami ini, jadi apa perbedaan keputihan mau haid dan hamil? Pada dasarnya, keputihan ini merupakan masalah yang umum terjadi pada wanita. Sebab, ini bisa terjadi ketika sesudah maupun sebelum haid atau pun hamil. Sebetulnya, kejadian ini proses alam tubuh akibat terjadinya perubahan hormon. Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil Hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan, namun entah itu terjadi karena apa. Bisa saja itu tanda apabila sudah atau sebelum mengalami menstruasi. Atau tidak bisa s

Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p

Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand terhadap Kulit

Efek samping masker tepung beras rose brand -  Penggunaan bahan - bahan alami dalam perawatan kecantikan memang banyak yang menggunakannya. Selain untuk menghindari kosmetik dari bahan kimia, perawatan dengan bahan alami cenderung lebih sehat. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan dalam proses perawatan yang sering kita lakukan. Dari menggunakan lidah buaya, lemon dan salah satunya adalah dengan tepung beras rose brand. Namun jangan salah, penggunaan bahan alami ada dampak buruk juga. Kali ini kita cuma akan membahas efek samping masker tepung beras rose brand bagi kulit . Walaupun banyak produk perawatan kulit yang tersebar di dunia ini, masih saja orang yang tetap menggunakan cara yang alami. Mereka melakukan ha; tersebut karena percaya bahwa manfaat yang di dapatkan sama dengan produk perawatan mahal lainnya. Dan untuk melakukan perawatan alami bisa menggunakan berbagai bahan dari buah hingga sayuran. Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Penggunaan bahan -