Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan Tubuh Manusia Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan

Dampak pencemaran tanah bagi kesehatan - Pencemaran tanah merupakan salah satu bentuk pencemaran yang ada selain pencemaran pada udara, air dan lainnya. Pencemaran tanah tak kalah berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi. Sebab, dengan adanya pencemaran bisa memicu berbagai masalah lain datang seperti wabah penyakit. Oleh karena itu, masalah pencemaran tidak bisa dianggap remeh, meskipun itu terjadi pada tanah sekalipun.

Pencemaran sendiri merupakan sebuah perusakan atau kondisi alam yang sudah tidak bersih dikarenakan berbagai sampah yang menumpuk. Pencemaran tanah ternyata bisa sangat berpengaruh terhadap kehidupan di dunia ini. Tanah merupakan salah satu media yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman. Yang mana, tumbuhan ini berguna untuk menghasilkan oksigen sebagai sumber kehidupan. Apabila tanah sudah mengalami kerusakan akibat pencemaran sudah bisa dipastikan kehidupan di dunia akan terganggu.

Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Pencemaran tanah yang terjadi suatu daerah tidak lepas diakibatkan oleh tangan - tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Walaupun pencemaran tanah yang terjadi hanya sedikit, dampak buruknya tetap dirasakan dan cukup besar. Apabila pencemaran tersebut terus - menerus terjadi dan bertambah. Maka, kemungkinan besar kualitas kehidupan makhluk hidup di dunia ini akan berkurang. Biasanya, dampak yang diberikan dari pencemaran bisa menyerang berbagai sektor.

Salah satu sektornya adalah bidang kesehatan. Pencemaran yang terjadi memang tidak lepas hubungannya dengan kesehatan. Memang, pada awalnya dampak dari pencemaran tanah tidak dirasakan oleh tubuh. Namun, seiring waktu dampak buruk dari masalah ini akan terjadi dan bisa berakibat sangat fatal bagi kehidupan. Apabila anda tidak mengetahui apa saja dampak pencemaran tanah bagi kesehatan. Berikut ini beberapa dampak yang sering ditimbulkan dari masalah ini.

1. Terjadinya Keracunan pada Tubuh

Hal pertama yang sering terjadi akibat pencemaran yang satu ini adalah keracunan. Masalah ini datang akibat kita mengkonsumsi makanan yang tumbuh di tanah yang tercemar dan menimbulkan racun pada tanaman yang tumbuh. Jadi, ketika kita mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi racun masuk ke dalam tubuh maka akan terjadi reaksi yang tidak baik (keracunan). Selain berasal dari tanaman yang tumbuh, media air juga bisa menyebabkan keracunan.

Air yang berada di tanah, secara tidak langsung akan bersentuhan dengan tanah. Bila tanah tersebut memiliki racun akibat tercemar. Maka air yang ada di dalamnya juga akan ikut tercemar dan meracuni yang mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan ada berbagai zat berbahaya yang masuk di dalam air. Bahan berbahaya ini bisa berasal dari sampah - sampah yang terbuang di dalam tanah dari mulai plastik, komponen elektronik bahkan bahan kimia sekalipun.

2. Mengalami Diare dan Sakit Perut

Ketika sesuatu masuk dan tubuh tidak merasa cocok, maka dampaknya adalah diare dan mungkin disertai dengan sakit perut yang yang luar biasa. Bahan - bahan dan zat berbahaya juga bisa menimbulkan masalah seperti. Zat dan bahan berbahaya ini bisa ditimbulkan akibat pencemaran entah itu tanah, air dan udara. Dalam hal ini tanah juga bisa menjadi faktor penentu datangnya masalah diare disertai dengan sakit perut. Mengkonsumsi hal - hal yang ada di area tanah tercemar adalah penentunya.

Baca juga : Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Gambarnya

Seperti pembahasan sebelumnya, air yang berada daerah tanah yang tercemar dapat membuat masalah bagi si pengkonsumsi. Bakteri - bakteri seperti e colli dapat dengan mudah tumbuh. Bila diminum dan masuk ke dalam tubuh dampaknya akan membuat tubuh tidak enak alhasil menimbulkan masalah diare dan lainnya. Oleh karena itu, dampak pencemaran tanah bagi kesehatan angan disepelekan sebab bisa membuat seseorang mengalami yang tidak diinginkan.

3. Merasa Sakit Kepala

Selain berdampak pada sistem pencernaan, pencemaran tanah juga bisa berpengaruh terhadap bagian lainnya. Salah satunya kepala, pencemaran bisa menimbulkan seseorang merasakan sakit kepala yang cukup berat. Dalam hal ini bukannya masalah mengkonsumsi sesuatu yang diakibatkan terkena pencemaran. Melainkan dikarenakan bau yang ditimbulkan dari masalah ini. Biasanya, pencemaran akan menimbulkan bau - bau yang tidak enak atau berbau busuk.

Sampah - sampah yang bertumpuk di atas tanah seperti sampah rumah tangga, peralatan elektronik dan lainnya. Kemungkinan besar bila didiamkan akan berbagai masalah. Selain tanah menjadi tercemar, biasanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau - bau tersebut dapat mengganggu kesehatan bagi organ pernafasan sekaligus pada baia kepala sebagai pusat tubuh manusia.

4. Banyak Mikroorganisme yang Mati

Mikroorganisme yang ada di dalam tanah hanya memanfaatkan pasokan sisa - sisa organik untuk tetap hidup. Namun itu semua akan berubah bila ada banyak sekali bahan - bahan anorganik dan zat radioaktif yang ada di dalam tanah. Bila ini terjadi, maka akan banyak sekali makhluk hidup mikro yang mulai melakukan mutasi. Alhasil, banyak sekali yang mati akibat terjadinya pencemaran tanah yang ada. Faktor kelaparan yang menjadi penyebab utama dari banyaknya mikro organisme yang mati.

5. Menimbulkan Kanker pada Tubuh

Dampak pencemaran tanah bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menimbulkan penyakit kanker pada tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang sudah terpapar DDT.  DDT ini merupakan pestisida untuk menyingkirkan serangga, dan bisa menimbulkan dampak berbahaya. Bahkan, ini banyak dilarang dalam penggunaannya, sebab bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan salah satunya kanker. Bila secara terus menerus tubuh menerima DDT, maka kemungkinan besar terkena penyakit akan meningkat.

6. Berbahaya bagi Ibu Menyusui

Pada dasarnya, ibu yang tengah menyusui sebaiknya memilih makanan yang baik dan bersih dari zat berbahaya. Apabila seorang ibu mengkonsumsi makanan yang berasal dari tanah yang sudah tercemar. Maka dampaknya akan turun ke ASI nya dan akan berdampak buruk bagi kesehatan si kecil. Selain asupan makanan, asupan cairan cukup perlu diperhatikan. Pastikan, air yang dikonsumsi bebas dari berbagai macam zat dan bahan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

7. Terjadinya Kecacatan

Zat - zat berbahaya yang terkandung di dalam tanah bisa memicu bahan - bahan lainnya juga tercemar. Bila bahan - bahan tersebut dikonsumsi oleh seorang ibu hamil, maka dampak yang ditimbulkan bisa kepada si janin. Kecacatan, adalah masalah yang bisa timbul akibat adanya pencemaran tanah di lingkungan sekitar. Sayuran, buah - buahan dan air minum menjadi bahan yang mudah tercemar. Maka perlu berhati - hati ketika mengkonsumsi hal - hal yang berkaitan dengan tanah.

8. Fungsi Syaraf Perlahan Mulai Menurun

Zat -zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya diam dan keluar. Melainkan menyerang ke beberapa area vital seperti otak. Tercemarnya tanah akibat berbagai sampah bisa membuat berbagai bahan lainnya juga ikut tercemar. Alhasil menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya fungsi syaraf menjadi menurun. Akibatnya, membuat tubuh menjadi menurun dalam hal aktivitas dan kesehatan. Ada banyak sekali syaraf, dan bagian yang paling banyak syaraf adalah otak.

Nah, itulah beberapa masalah yang ditimbulkan dari pencemaran tanah yang bisa mengganggu kesehatan tubuh manusia. Masalah seperti ini bisa terjadi secara tiba - tiba, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, beberapa masalah bisa datang dengan cepat seperti diare, sakit perut, sakit kepala dan lainnya. Meskipun masalah tersebut cukup ringan dan mudah diobati. Bisa menjadi masalah yang cukup serius bila dibiarkan secara berlarut - larut.

Penyebab Pencemaran Tanah


Pencemaran tanah tidak akan datang begitu saja tanpa adanya penyebab yang mempengaruhi masalah tersebut datang. Perilaku yang tidak bertanggung jawab dan buruk menjadi faktor utamanya.Di atas, merupakan beberapa dampak pencemaran tanah bagi kehidupan. Setelah anda mengetahuinya, pasti anda mulai takut dan ingin berubah. Oleh karena itu, berikut ini penyebab pencemaran tanah yang sangat perlu anda ketahui untuk mencegah terjadinya pencemaran tanah di lingkungan anda.

  • Sampah padat dan tidak mudah terurai menjadi faktor yang banyak menyebabkan tanah menjadi tercemar. Sampah padat dan tidak mudah terurai tanah diantaranya plastik, kaleng botol, kaca dan sampah lainnya.
  • Sampah cair juga bisa menyebabkan pencemaran tanah, bahkan akan sangat mudah untuk terjadi. Cairan sangat mudah terserap tanah, dan membuat makhluk hidup di dalamnya mati. Sampah tersebut diantaranya oli, cat, bensin dan lainnya.
  • Limbah pertanian seperti pestisida menjadi bahan yang cukup mempengaruhi pencemaran tanah. Bahkan, bahan - bahan seperti bisa membuat tanah beracun dan tidak baik untuk kesehatan tanaman.
  • Limbah industri banyak menyumbang dalam hal pencemaran yang terjadi di tanah. Banyak jenis limbah industri yang ada dari mulai yang padat, cair dan bahkna sangat berbahaya seperti bahan kimia.

Penyebab dari masalah pencemaran yang terjadi di tanah, sering kali disebabkan oleh masyarakat. Ada banyak perilaku yang menyebabkan hal ini terjadi seperti membuang sampah sembarangan pada tanah. Dengan begitu makhluk mikroorganisme akan mulai mati akibat makanan yang tersedia mulai berkurang. Perilaku masyarakat serta industri memang perlu dilakukan pembenahan untuk mengurangi terjadinya pencemaran tanah yang lebih parah.

Nah tulah pembahasan mengenai dampak dan penyebab dari pencemaran tanah yang terjadi di dunia. Ada banyak yang bisa nada lakukan untuk mengurangi pencemaran ini, dari mulai membersihkan lingkungan dari sampah. Serta tidak membuang sampah sembarangan sebagai tindakan pencegahan yang baik untuk tanah dan kesehatan tubuh manusia. Sekianlah artikel mengenai dampak pencemaran tanah bagi kesehatan semoga bisa menambah wawasan anda.

Popular posts from this blog

Perbedaan Keputihan saat Mau Haid dan Hamil Muda

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil -  Organ intim seseorang entah laki - laki atau perempuan bisa saja mengalami permasalahan. Kadang permasalahan yang di alami antara laki - laki dan perempuan berbeda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan bisa menyerang pada semua wanita, hal ini tidak mengenal usia. Apabila sudah mengalami haid maka bisa saja mengalami masalah ini. Namun, kadang saat hamil juga akan mengalami ini, jadi apa perbedaan keputihan mau haid dan hamil? Pada dasarnya, keputihan ini merupakan masalah yang umum terjadi pada wanita. Sebab, ini bisa terjadi ketika sesudah maupun sebelum haid atau pun hamil. Sebetulnya, kejadian ini proses alam tubuh akibat terjadinya perubahan hormon. Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil Hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan, namun entah itu terjadi karena apa. Bisa saja itu tanda apabila sudah atau sebelum mengalami menstruasi. Atau tidak bisa s

Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p

Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand terhadap Kulit

Efek samping masker tepung beras rose brand -  Penggunaan bahan - bahan alami dalam perawatan kecantikan memang banyak yang menggunakannya. Selain untuk menghindari kosmetik dari bahan kimia, perawatan dengan bahan alami cenderung lebih sehat. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan dalam proses perawatan yang sering kita lakukan. Dari menggunakan lidah buaya, lemon dan salah satunya adalah dengan tepung beras rose brand. Namun jangan salah, penggunaan bahan alami ada dampak buruk juga. Kali ini kita cuma akan membahas efek samping masker tepung beras rose brand bagi kulit . Walaupun banyak produk perawatan kulit yang tersebar di dunia ini, masih saja orang yang tetap menggunakan cara yang alami. Mereka melakukan ha; tersebut karena percaya bahwa manfaat yang di dapatkan sama dengan produk perawatan mahal lainnya. Dan untuk melakukan perawatan alami bisa menggunakan berbagai bahan dari buah hingga sayuran. Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Penggunaan bahan -