Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia

Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia

Akibat pelaksanaan politik liberal bagi rakyat indonesia - Pelaksanaan politik memang sangat mempengaruhi berbagai bidang pada negara tersebut. Biasanya, politik akan mengatur berbagai bidang supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Ada banyak sekali jenis politik yang banyak diterapkan oleh negara - negara dunia. Salah satu sistem politik adalah politik liberal, di mana Indonesia pernah menerapkan al tersebut. Ada - ada akibat pelaksanaan politik liberal bagi rakyat Indonesia.

Politik liberal adalah sistem politik yang didasarkan pada pada pemahaman kebebasan dan persamaan hak. Dengan penerapan politik liberal pada suatu wilayah bertujuan untuk mencapai masyarakat yang bebas, termasuk itu setiap individu.

Seperti namanya, politik liberal sebetulnya menerapkan ideologi liberalisme yang memiliki tujuan untuk memajukan negara di berbagai bidang. Menerapkan politik liberal diharapkan tercipta suasan yang bebas yaitu menjunjung kebebasan hak asasi.

Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia


Ketika sebuah negara menerapkan kebijakan politik dalam wilayahnya, pasti akan ada dampak terhadap rakyatnya. Walaupun dampak yang diberikan oleh sistem politik tersebut bisa berupa dampak baik dan buruk.

Di Indonesia sendiri pernah menerapkan sistem politik yang satu ini, dan tetap saja menimbulkan pro kontra di masyarakatnya. Lalu, apa akibat pelaksanaan politik liberal bagi rakyat Indonesia?. Berikut ulasan mengenai dampak dari hal tersebut.

1. Kesejahteraan rakyat semakin turun

Dalam sistem politik ini, konteks menyejahterakan rakyat sebenarnya dilakukan terhadap orang - orang yang kaya. Baru setelah orang kaya sukses, barulah orang - orang miskin ikut disejahterakan. Namun tidak semudah itu, malah orang kaya jadi kaya dan orang miskin malah tambah miskin.

2. Terjadi krisis perkebunan

Dalam kehidupan bangsa Indonesia hasil perkebunan adalah menjadi ekonomi terbesar yang pernah ada. Bukanya meningkatkan hasil dari perkebunan, penerapan politik liberal malah hanya bisa membuat terjadinya krisi perkebunan seperti teh dan kopi.

Baca juga : Latar Belakang Munculnya Merkantilisme di Eropa

3. Penurunan konsumsi beras

Pada tahun 1950 -1959 demokrasi Indonesia adalah liberal, dan di situlah Indonesia mengalami penurunan konsumsi bahan pokok. Penurunan terjadi terutama pada pada beras, padahal di Jawa sendiri pertumbuhan rakyat sangat besar dan pesat.

4. Usaha kerajinan rakyat menurun

Sumber daya alam menjadi kekayaan yang dimiliki Indonesia dan sering digunakan untuk pembuatan kerajinan. Seharusnya bisa ditingkatkan, malah kerajinan - kerajinan hasil dari rakyat kalah saing dengan barang - barang impor. Ini menjadi salah satu penyebab kesejahteraan rakyat makin merosot.

5. Rakyat masih menderita

Penerapan sebuah sistem politik ingin sekali merubah nasib rakyatnya menjadi semakin baik. Namun, sayangnya itu tidak bisa terjadi dengan cepat sebab penerapan sistem politik liberal tetap saja menyengsarakan rakyatnya. Kerja rodi yang menggambarkan kerja paksa ternyata masih dijalankan.

6. Penghasilan buruh gerobak menurun

Ada beragam profesi yang dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan salah satunya menjadi buruh gerobak. Seiring berjalannya waktu, penghasilan yang di dapat semakin menurun karena keberadaan kereta yang lebih mudah dan cepat.

Nah, itulah pembahasan mengenai dampak pelaksanaan politik liberal bagi rakyat Indonesia. Walau di atas telah di ulas berbagai dampak negatif dari pelaksanaan politik liberal, sebetulnya ada dampak positif bagi bidang lainnya.

Namun, ya itu di bidang ekonomi malah politik jenis ini tidak baik bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. Sekianlah artikel kali ini, semoga dengan ulasan sekarang bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri - Cirinya

Kenampakan alam wilayah daratan dan ciri cirinya - Bumi terbagi menjadi 2 wilayah yaitu daratan dan perairan yang keduanya memiliki luas yang sangat besar. Namun, sebagian dunia ini terdiri dari wilayah perairan yang mencapai 70% dari luas wilayah bumi. Wilayah - wilayah tersebut juga bisa disebut sebagai sebuah kenampakan alam atau bentang alam. Kenampakan dari kedua wilayah tersebut memang memiliki berbagai macam, yang bisa menjadi pembelajaran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ciri - cirinya. Kita sebagai manusia hidup dan berkembang di wilayah daratan, sehingga kita akan banyak mengetahui struktur daratan. Hal ini berbanding terbalik dengan wilayah perairan di mana kita manusia sangat minim pengetahuan mengenai wilayah perairan. Namun, untuk kenampakan wilayah perairan, kita sudah cukup banyak tahu mengenai hal tersebut. Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri - Cirinya Daratan di bumi tidak hanya sekadar daratan

Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p