Jenis Barang Tambang dan Manfaatnya bagi Manusia Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Jenis Barang Tambang dan Manfaatnya bagi Manusia

Barang Tambang dan Manfaatnya

Barang tambang dan manfaatnya - Di dalam perut bumi tersimpan berbagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan. Dalam memanfaatkan-nya, manusia perlu melakukan penggalian alias penambangan terhadap perut bumi.

Barang - barang tambang bisa didapatkan apabila telah menggali beberapa puluh meter ke dalam perut bumi. Ketika melakukan penambangan akan ada banyak sekali barang tambang yang bisa dimanfaatkan. Dan kali ini, kita akan mencoba membahas mengenai barang tambang dan manfaatnya.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali spot atau area yang digunakan untuk pertambangan. Biasanya, setiap pertambangan menambang satu jenis sumber daya tambang. Dan itu dilakukan secara terus menerus hingga kedalaman ratusan meter.

Barang Tambang dan Manfaatnya


Saat menggali atau menambang, seseorang bisa menemukan berbagai jenis barang. Yang biasanya, memiliki fungsi atau manfaat yang berbeda - beda. Ada yang berguna untuk perhiasan, bahan bakar, furniture dan lainnya.

Nah, disetiap fungsi yang digunakan memiliki bahan dasar yang berbeda - beda. Barang tambang yang dipergunakan dalam pemanfaatan cukup berbeda. Langsung saja berikut ini ulasan mengenai beberapa barang tambang dan manfaatnya.

1. Minyak bumi

Sumber daya tambang salah satunya minyak bumi yang keberadaan-nya sangat penting sekali. Minyak bumi sendiri merupakan hasil dari fosil - fosil makhluk hidup yang telah mati sejak lama. Ketersediaan minyak bumi untuk sekarang mulai sedikit sebab penggunaan yang sangat besar.

Di dunia, minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai hal. Dari mulai untuk transportasi, industri, rumah tangga dan lainnya. Minyak bumi tersebut, nantinya akan diolah menjadi berbagai jenis produk yang sering manusia gunakan.

2. Gas alam

Selain minyak bumi, barang tambang lainnya adalah gas alam. Barang ini termasuk sebagai bahan bakar yang berasal dari fosil - fosil makhluk hidup. Sama seperti minyak bumi, pembentukan gas alam membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sedangkan manfaatnya, gas alam sering digunakan berbagai kebutuhan. Contohnya, gas untuk memasak, bahan bakar industri dan lainnya. Karena pemanfaatan yang terlalu berlebih, membuat persediaan gas alam mulai menipis.

3. Timah

Batu - batu yang ada dalam tanah bumi, biasanya tersedia berbagai barang tambang. Salah satunya, biji timah yang cukup penting untuk pembuatan produk. Timah bisa didapatkan dengan melalui proses pelapukan batuan granit.

Dalam industri, timah akan digunakan untuk bahan dasar pembuatan kaleng, pelapis besi dan lainnya. Ketika biji timah diolah kembali, maka bisa menjadi logam timah, atau pun kertas timah. Untuk kertas timah sering digunakan untuk bungkus permen, makanan ringan.

4. Batu bara

Barang tambang dari fosil makhluk hidup selain minyak bumi dan gas bumi adalah batu bara. Barang tambang yang satu ini berbentuk layaknya batu mirip arang, dengan warna hitam pekat. Karena pemanfaatan yang cukup intens oleh industri maka persediaan juga mulai menipis.

Manfaat batu bara, sering digunakan sebagai bahan bakar dalam industri. Selain sebagai bahan bakar produksi, batu bara juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Batu bara dipilih karena memiliki suhu panas yang stabil.

5. Tembaga

Kita tahu, benda - benda yang terbuat dari tembaga. Tembaga ini asalnya dari perut bumi didapat dengan cara melakukan penambangan. Biji tembaga bisa didapat melalui rangkaian proses dari pelarutan hingga sampai menjadi bijih tembaga.

Untuk manfaat, tembaga sering digunakan dalam proyek listrik sebab bagus dalam menghantarkan listrik. Selain listrik, tembaga banyak dimanfaatkan untuk keperluan industri, konstruksi, kesenian gamelan, dan lainnya.

Baca juga : Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Gambarnya

6. Nikel

Barang tambang nikel sangat penting dalam penguatan mutu dari besi. Layaknya besi, nikel lebih memiliki keunggulan dari mulai lebih kuat, tidak cepat berkarat dan lainnya. Nikel dapat diperoleh dengan pelarutan batu - batuan yang ada di dalam perut bumi.

Dalam memanfaatkan nikel, sering digunakan dalam pembuatan uang logam. Selain bahan utama, nikel sering juga digunakan untuk bahan campuran seperti besi, kuningan dan lainnya. Hal ini berguna untuk memperkuat bahan yang sebelumnya kurang baik.

7. Emas

Emas menjadi salah satu barang tambang yang paling sering dicari oleh masyarakat dunia. Bukan tambang biasa, melainkan permata yang memiliki nilai harga yang cukup tinggi. Emas bisa didapat dengan pelarutan batuan dengan bahan kimia.

Sudah banyak yang tahu, manfaat dari emas adalah untuk perhiasan supaya menambah penampilan. Selain perhiasan, sekarang ini sudah banyak restoran yang menggunakan emas sebagai tambahan dalam makanan.

Nah, itulah beberapa barang tambang dan manfaatnya yang bisa kita peroleh ketika memanfaatkan-nya. Ada banyak barang tambang yang bisa kita peroleh dengan melakukan penggalian. Setiap daerah memiliki ciri khas barang tambang.

Dari produk tambang, manusia bisa mendapatkan berbagai manfaat. Dari mulai sektor industri, rumah tangga, pasar dan masih banyak kebutuhan lainnya. Sekianlah ulasan di atas, semoga bisa bermanfaat dan berguna.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Keputihan saat Mau Haid dan Hamil Muda

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil -  Organ intim seseorang entah laki - laki atau perempuan bisa saja mengalami permasalahan. Kadang permasalahan yang di alami antara laki - laki dan perempuan berbeda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan bisa menyerang pada semua wanita, hal ini tidak mengenal usia. Apabila sudah mengalami haid maka bisa saja mengalami masalah ini. Namun, kadang saat hamil juga akan mengalami ini, jadi apa perbedaan keputihan mau haid dan hamil? Pada dasarnya, keputihan ini merupakan masalah yang umum terjadi pada wanita. Sebab, ini bisa terjadi ketika sesudah maupun sebelum haid atau pun hamil. Sebetulnya, kejadian ini proses alam tubuh akibat terjadinya perubahan hormon. Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil Hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan, namun entah itu terjadi karena apa. Bisa saja itu tanda apabila sudah atau sebelum mengalami menstruasi. Atau tidak bisa s

Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p

Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand terhadap Kulit

Efek samping masker tepung beras rose brand -  Penggunaan bahan - bahan alami dalam perawatan kecantikan memang banyak yang menggunakannya. Selain untuk menghindari kosmetik dari bahan kimia, perawatan dengan bahan alami cenderung lebih sehat. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan dalam proses perawatan yang sering kita lakukan. Dari menggunakan lidah buaya, lemon dan salah satunya adalah dengan tepung beras rose brand. Namun jangan salah, penggunaan bahan alami ada dampak buruk juga. Kali ini kita cuma akan membahas efek samping masker tepung beras rose brand bagi kulit . Walaupun banyak produk perawatan kulit yang tersebar di dunia ini, masih saja orang yang tetap menggunakan cara yang alami. Mereka melakukan ha; tersebut karena percaya bahwa manfaat yang di dapatkan sama dengan produk perawatan mahal lainnya. Dan untuk melakukan perawatan alami bisa menggunakan berbagai bahan dari buah hingga sayuran. Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Penggunaan bahan -