5 Contoh Hewan Yang Hidup di Dua Alam Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

5 Contoh Hewan Yang Hidup di Dua Alam

Contoh Hewan Yang Hidup di Dua Alam

Ada berbagai jenis hewan yang dapat ditemukan di Bumi. Hewan ini hidup di mana-mana, dari darat hingga laut, menyesuaikan dengan habitat atau tempat tinggal masing-masing individu.Kesesuaian habitat suatu satwa secara alami didukung oleh morfologi dan anatomi tubuhnya.

Uniknya, beberapa hewan bisa hidup di kedua kingdom tersebut, dengan kata lain hewan ini bisa hidup di darat maupun di air. Hewan yang hidup di kedua kerajaan memiliki satu nama, amfibi. Amfibi didefinisikan sebagai sekelompok hewan dengan vertebrata, atau vertebrata, yang mampu menghabiskan seluruh hidupnya di air atau di darat.

Contoh Hewan Yang Hidup di Dua Alam

1. Kodok

Katak atau yang biasa dikenal dengan kodok merupakan hewan yang hidup di dua kingdom dan banyak terdapat di Indonesia. Sepintas, kodok memiliki ukuran yang mirip dengan kodok, tetapi setelah diamati lebih dekat, keduanya sangat berbeda.

Kulit katak memiliki tekstur yang sangat kasar, tebal dan kering. Bahkan ada benjolan kecil di sekujur tubuh. Namun, kulitnya yang tebal dan kasar membantu katak hidup di tempat yang kering atau jauh dari sumber air.

Selain itu, katak cenderung memiliki warna kulit yang lebih gelap seperti coklat, abu-abu hingga hijau tua. Tak heran bila katak diam, warna kulitnya terkadang bisa membuat tubuhnya terlihat seperti batu atau benda.Katak memiliki kuku dan selaput di kakinya yang memungkinkan mereka berenang di air. Namun kaki katak cukup pendek, dan jarak lompatannya tidak terlalu jauh.

Dari segi ukuran, tubuh katak ini cukup besar. Namun, tubuhnya dilengkapi dengan kelenjar yang sangat beracun, terutama di bagian leher dan bahu. Tak heran banyak predator, seperti ular, menghindari kelenjar kecebong.Katak mudah ditemukan di sawah, sungai, rawa, kali, kebun, dan bahkan di perkotaan.

2. Katak

Katak juga termasuk hewan yang bisa hidup di kedua kingdom tersebut. Kodok berukuran kecil dibandingkan dengan katak. Tidak hanya itu, tekstur kulit katak cenderung lebih halus dan lembab, bahkan mungkin terasa lebih tipis dan mudah kering.

Inilah mengapa katak memilih hidup di dekat sumber air atau di tempat lembab, seperti hutan lembab, rawa, kolam, danau, hingga dataran tinggi.Selain itu, katak dan kodok dibedakan dari warna kulitnya yang bervariasi dan cerah. Warna kulit beberapa katak ada yang hijau, kuning, coklat muda dan sebagainya.

Meski terlihat lembap dan lengket, lendir yang dikeluarkan katak tidak beracun. Tak heran katak memiliki banyak musuh alami, termasuk ular.Tubuhnya kecil dan ramping, serta kakinya lebih panjang dari kaki katak, sehingga katak dapat melompat jauh. Kaki juga bisa digunakan sebagai alat penggerak saat berenang di air.

3. Katak pohon

Katak pohon adalah jenis katak lain yang ditemukan di hutan lembab, terutama di bagian daun. Jika diperhatikan dengan seksama, katak pohon berukuran lebih kecil dari spesies katak lainnya.Selain kecil dan memanjang, katak pohon memiliki warna kulit yang sangat cerah dan sering mencolok seperti hijau muda, kuning, biru, merah, jingga, dll. Namun, kulit tampaknya mengandung lendir yang sangat beracun.

Bagi sebagian orang, katak pohon sangat dicari karena lendirnya, yang mereka gunakan sebagai racun mata panah atau senjata lain saat berburu binatang.Selain tubuhnya yang kecil, katak pohon juga memiliki kaki yang sangat panjang. Kakinya juga dilengkapi bantalan yang memungkinkan katak melompat dari pohon ke pohon.

4. Axolotl

Salamander atau salamander meksiko termasuk hewan yang bisa hidup di kedua kingdom tersebut. Uniknya, spesies ini tidak mengalami metamorfosis sebagai larva, sehingga saat dewasa salamander masih memiliki insang. Tidak heran salamander menghabiskan banyak waktu di dalam air. Salamander memiliki tubuh berwarna merah muda dengan dua pasang kaki dan insang yang membentuk kipas di kepalanya. Karena keunikannya, salamander banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Namun, perlu dicatat bahwa salamander terdaftar sebagai spesies yang terancam punah. Bahkan, jumlah mereka di alam juga semakin berkurang akibat perdagangan ilegal dan adanya predator yang memangsa baby salamander.Bagi para ilmuwan, salamander adalah subjek penelitian yang menarik. Ini karena kemampuan salamander untuk meregenerasi bagian tubuhnya yang terputus dengan cepat.

5. Salamander

Salamander adalah hewan berikutnya yang termasuk dalam kategori amfibi. Sepintas, salamander terlihat seperti kadal, dengan tubuh ramping, moncong pendek, dan ekor panjang.Kebanyakan salamander memiliki empat jari di kaki depan dan lima di kaki belakang. Kulit pada tubuhnya selalu terlihat lembab, itulah sebabnya salamander suka berada di tempat yang lembab atau di dekat sumber air.

Beberapa jenis salamander dapat bernafas dengan paru-paru. Namun ada juga yang bernafas dengan insang atau dengan kulit karena tidak memiliki paru-paru maupun insang.Salamander dapat dijadikan sebagai indikator pencemaran lingkungan karena sangat peka terhadap pencemaran, baik pencemaran tanah, air, maupun udara. Dengan kata lain, jika Anda melihat salamander di suatu lingkungan, berarti tempat tersebut bebas dari polusi. 

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Keputihan saat Mau Haid dan Hamil Muda

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil -  Organ intim seseorang entah laki - laki atau perempuan bisa saja mengalami permasalahan. Kadang permasalahan yang di alami antara laki - laki dan perempuan berbeda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh organ intim wanita adalah keputihan. Keputihan bisa menyerang pada semua wanita, hal ini tidak mengenal usia. Apabila sudah mengalami haid maka bisa saja mengalami masalah ini. Namun, kadang saat hamil juga akan mengalami ini, jadi apa perbedaan keputihan mau haid dan hamil? Pada dasarnya, keputihan ini merupakan masalah yang umum terjadi pada wanita. Sebab, ini bisa terjadi ketika sesudah maupun sebelum haid atau pun hamil. Sebetulnya, kejadian ini proses alam tubuh akibat terjadinya perubahan hormon. Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil Hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan, namun entah itu terjadi karena apa. Bisa saja itu tanda apabila sudah atau sebelum mengalami menstruasi. Atau tidak bisa s

Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word dengan Mudah

Punya gambar yang ingin ditambahkan ke dalam word? Sayangnya, gambar tersebut berasal dari paint, lalu bagaimana caranya. Kali ini kita akan membahas cara memindahkan gambar dari paint ke word dengan mudah. Menulis artikel atau dokumen di laptop tidak lengkap rasanya tidak menambahkan gambar di dalamnya. Dengan adanya gambar, juga membantu menambah gambaran dari isi artikel atau dokumen yang kita buat sehingga membaca bisa lebih memahami apa yang ada di dokumen tersebut. Untuk mendapatkan gambar, bisa dilakukan secara online, milik sendiri bahkan screenshot dari layar laptop yang kita miliki. Ketika screenshot, maka kita perlu menempatkan hasilnya ke dalam aplikasi paint untuk dilakukan mengeditan entah itu crop atau pun resolusi. Cara Memindahkan Gambar dari Paint ke Word Terus bagaimana bisa, kita menambahkan gambar dari paint tersebut ke word (artikel yang kita buat). Menambahkan gambar dari paint ke word sebetulnya sangat mudah kita bisa melakukan seperti biasa namun ada hal yang p

Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand terhadap Kulit

Efek samping masker tepung beras rose brand -  Penggunaan bahan - bahan alami dalam perawatan kecantikan memang banyak yang menggunakannya. Selain untuk menghindari kosmetik dari bahan kimia, perawatan dengan bahan alami cenderung lebih sehat. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan dalam proses perawatan yang sering kita lakukan. Dari menggunakan lidah buaya, lemon dan salah satunya adalah dengan tepung beras rose brand. Namun jangan salah, penggunaan bahan alami ada dampak buruk juga. Kali ini kita cuma akan membahas efek samping masker tepung beras rose brand bagi kulit . Walaupun banyak produk perawatan kulit yang tersebar di dunia ini, masih saja orang yang tetap menggunakan cara yang alami. Mereka melakukan ha; tersebut karena percaya bahwa manfaat yang di dapatkan sama dengan produk perawatan mahal lainnya. Dan untuk melakukan perawatan alami bisa menggunakan berbagai bahan dari buah hingga sayuran. Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Penggunaan bahan -